campuran-gomars
susukambinghigoatgaox: Penyebab Rambut Rontok - Mencegah Rambut Rontok

Blogroll

Edukasi

Kata Kata

Teknologi

Kesehatan & Kecantikan

Kuliner

Saturday, July 23, 2011

Penyebab Rambut Rontok - Mencegah Rambut Rontok

Kata orang-orang rambut adalah mahkota.  Walau kita bukanlah raja atau ratu namun tetap kita harus menjaga mahkota yang satu ini.  Lalu bagaimana kalau mahkota yang kita sayangi itu mulai rontok.  dan tentu hal itu akan menimbulkan ketakutan dan kekawatiran.  Apalagi kalau anda adalah seorang wanita yang tentunya ingin dan harus tampil cantik setiap saat.  Dengan rambut yang indah tentu akan menambah rasa percaya diri sehingga akan selalu tampil PD disemua kegiatan.  Bagi Anda yang mengalami masalah tentang rambut rontok dan ingin mengetahui apa saja penyebab ranbut rontok dan ingin mencegah rambut rontok itu terjadi.  Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok dan juga tips mencegah rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok - Mencegah Rambut RontokSebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan rambut menjadi kusam dan juga rontok.  Apabila setiap hari rambut mengalami kerontokan sekitar 50 helai rambut perhari, maka Anda harus waspada. Apalagi jika kerontokan itu terjadi sampai mencapai 100 helai rambu perhari.  Hal itu adalah tanda awal dari kebotakan, Anda tentu tidak ingin sampai menjadi botak, bukan?

Sebelum mengatasi permasalahan ini.  Sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih jenis kebotakan dan kerontokan seperti apa yang Anda alami.

Kebotakan (Rambut Botak) karena Hormon

Rambut Botak yang satu ini diakibatkan oleh hormon androgen atau alopecia androgenic, namun untuk wanita tidak perlu takut untuk hal ini karena hal ini biasa dialami oleh kaum pria.  Namun jangan senang dulu, karena masalah rambut botak juga bisa terjadi pada wanita terutama dalam masa menopause.

Kebotakan (Rambut Botak) Setempat


Rambut botak (Kebotakan) ini biasa disebut dengan nama alopecia areata, yaitu rambut mengalami kerontokan yang terjadi terutama pada wanita yang sedang hamil, setelah demam tinggi atau setelah operasi.

Rambut Rotok karena Penyakit Kronis

Rambut Rontok karena Penyakit kronis biasa terjadi karena jamur dan bakteri pada kulit kepala, atau bisa juga penanganan rambut yang kurang tepat hingga dengan penggunaan obat-obatan.

Nah Apabila kerontokan yang Anda alami seperti ketiga penyebab rambut rontok di atas, maka cara mengobati rambut rontok tersebut harus ditangani oleh dokter ahli.  Penggunaan bahan-bahan kimia yang salah malah akan semakin memperparah kondisi rambut. Dan tentunya Anda harus bersabar karena pengobatan itu akan bertahap dan memakan waktu tidak sebentar. Tapi, demi rambut tebal, indah dan berkilau, mengapa tidak?

Mencegah Rambut Rontok

  1. Usahakan selalu makan makanan bergizi (4 sehat lima sempurna),  terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat berguna bagi pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut.  Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  2. Oleskan kondisioner yang mengandung ginseng supaya rambut sehat berkilau dan tidak mudah patah.  Pada saat Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.
  3. Gunakan sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
  4. Jangan menggunakan air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku.
  5. Jangan mengeringkan menggunakan hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek dengan handuk akan mudah tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.
  6. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
  7. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.
  8. Keramaslah dengan sampo yang mengandung ginseng, yang berfungsi membersihkan rambut dari segala kotoran dan menguatkan batang rambut sehingga tidak mudah patah.
  9. Gunakan masker rambut sebagai nutrisi untuk merawat dan memulihkan kesehatan dan keindahan rambut. Pakai 2-3 kali seminggu.
  10. Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Sebaiknya gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
  11. Jika rambut masih terjadi kerontokan terus, periksakan ke dokter ahli dermatologi.

Nah itu beberapa Penyebab Rambut Rontok dan Mencegah Rambut Rontok. Artikel tentang Kesehatan Semoga bermanfaat dan sukses.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat

No comments:

Post a Comment